Minggu, 23 Oktober 2011

Chapter 4, Konfigurasi Access Point

Chapter ini akan membahas apa saja yang harus dikonfigurasi pada sebuah Access Point (AP) jika akan difungsikan sebagai Root AP. Sebagai bahan pembelajaran yang dasar, saya menggunakan Access Point Linksys WAP 54G. Pertimbangganya adalah menu-menu yang ada dalam WAP54G tersebut sederhana, sehingga tidak akan memusingkan bagi Anda yang baru memulai konfigurasi jaringan wireless. Jika Anda menggunakan perangkat lain, maka diperlukan sedikit penyesuaian dalam konfigurasi. Antara satu perangkat dengan perangkat yang lain terdapat perbedaan pada tampilan menu. Namun parameter-parameter yang akan dikonfigurasikan adalah sama.

Topologi yang akan digunakan pada chapter ini dapat dilihat pada gambar berikut :



Untuk memfungsikan sebuah AP menjadi Root AP, yang perlu dikonfigurasikan secara mendasar ada 3, yaitu :

1. SSID, yang akan menjadi identitas dari jaringan nirkabel tersebut, sebagai contoh digunakan SSID "Ilmu Jaringan HotSpot". Inilah yang akan terdeteksi pada STA, bilama STA tersebut mencari jaringan wireless kita.
2. Channel, yang menyatakan frekuensi yang akan digunakan AP, contoh digunakan channel 6. Tentang penggunaan channel akan dibahas pada chapter tersendiri
3. Mode, yang menentukan dengan tipe apa AP kita dapat bekerja, pilihan yang umum adalah Wireless B, Wireless G, Wireless N atau Mixed. Jika kita memilih opsi Wireless B, maka AP kita hanya akan bisa bekerja dengan STA dengan tipe Wireless B pula. Begitu juga dengan tipe lain, namun jika kita memilih opsi Mixed, maka AP kita dapat bekerja dengan semua jenis perangkat baik B, G maupun N.

Setelah memahami apa saja yang akan dikonfigurasikan, maka untuk perangkat WAP54G tahapan konfigurasinya adalah sebagai berikut :

WAP54G memiliki IP Address default 192.168.1.245/24 dengan password default "admin". Hubungkanlah laptop kita untuk konfigurasi dengan menggunakan kabel UTP dengan WAP54G. Gunakan IP Address 192.168.1.2/24 pada laptop kita. Saya tidak menyarankan mengkonfigurasi AP dengan menggunakan media wireless.

Jika sudah terhubung, jalankan browser Anda, misalnya Mozilla Firefox atau Google Chrome. Bukalah url http://192.168.1.245 WAP54G akan meminta password, gunakanlah password "admin" tadi.

Setelah berhasil masuk, konfigurasikan WAP54G sebagai Access Point melalui menu Setup --> AP Mode, pilihlah Access Point, kemudian simpan konfigurasi dengan mengklik tombol Save Settings, seperti pada gambar berikut :



Kemudian lanjutkan konfigurasi SSID, Channel dan Mode pada menu Wireless --> Basic Wireless Setting, seperti pada gambar di bawah ini. Jangan lupa untuk menyimpan juga konfigurasi yang Anda lakukan.



Tahapan di atas merupakan tahapan fundamental mengkonfigurasikan sebuah Root AP. Jika Anda menginginkan STA akan mendapatkan IP Address secara otomatis pada saat terhubung ke AP, maka pada Router harus kita konfigurasikan DHCP Server. Jangan lupa untuk mengganti password WAP54G Anda melalui menu Administration. Untuk perangkat yang lain, Anda akan mendapati menu yang berbeda, namun prinsip konfigurasi adalah sama.

sumber :
http://www.ilmujaringan.com/index.php/jaringan-nirkabel/119-chapter-4-konfigurasi-access-point