Kamis, 11 November 2010

Sejarah SQUID

Squid dikenal sebagai aplikasi cache yang handal. Squid berlisensi GPL (GNU Public License, http://gnu.org) alias open source yang dalam pembuatannya melibatkan banyak kepala dan jari. Dengan open source ini, Squid bisa dikatakan selalu dalam tahap pembuatan (beta/develop version) selama hidupnya. Namun tidak berarti Squid jelek dan tidak stabil, melainkan kebalikannya.

Setiap orang yang mencoba produk open source otomatis menjadi beta tester yang diharapkan akan memberikan konstribusi berupa input kepada team developer tentang bug dan kesalahan yang ditemuinya (terkadang tester juga ikut memperbaiki dan mengirimkan patch-nya). dalam perkembangannya tidak hanya segelintir orang yang menjadi beta tester, semakin menarik dan semakin populer sebuah produk open source, semakin banyak beta tester yang bekerja secara suka rela. Oleh sebab itu menjadikannya lebih banyak ditemukan bug baru sekaligus dengan bug-fix nya. Pada akhirnya mengakibatkan membaiknya produk open source tersebut. Hal inilah yang membuat produk open source dapat kita andalkan. iIu adalah life cycle umum dari sebuah produk open source.

Squid dalam sejarah pembuatannya merupakan produk turunan dari Harvest Cache (dibuat oleh harvest project, http://harvest.cs.colorado.edu/) dan nama squid dipilih oleh pembuatnya karena nama bagus lainyya sudah diambil orang lain (dari FAQ 1 squid). Masih dari sumber yang sama, squid dikatakan sebagai server proxy cache yang mempunyai performansi tinggi dan mendukung operasional FTP, Gopher dan HTTP. Dalam memenuhi permintaan client, squid menangani dalam satu proses I/O (input/Output) dan tidak bersifat blocking.

Squid hampir bersifat monolitik (seperti sendmail) dimana seluruh ppekerjaan mulai dari menangani permintaan client, mengambil, mencari dan menyimpan object serta pengaturan memori, seluruhnya itu hanya dilakukan oleh satu proses. Hampir tidak ada proses lain, kecuali untuk versi terbaru, untuk I/O squid menyerahkan operasionalnya pada aplikasi lain yaitu diskd.

Squid dibuat oleh sebuah komunitas internet dan dipimpin oleh Duanne Wessel dari National Laboratory For Applied Network Reseach yang dibiayai oleh National Science Foundation. List dari kontributor dapat dilihat di http://www.squid-cache.org/CONTRIBUTORS. Demikian sedikit sejarah tentang Squid.

sumber : http://opoyodab.blogspot.com/2008/10/squid-dan-sejarahnya.html